Kamis, 26 Januari 2012

PROSEDUR MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER


Menghidupkan komputer sesuai prosedur 

Terdapat 2 tombol power yang harus diaktifkan agar komputer dapat digunakan.Satu buahtombol terdapat pada Kotak Proses Utama atau yang biasa disebut CPU (Central ProcessingUnit). Dan 1 buah tombol lagi terdapat pada monitor. Walaupun demikian berbeda halnya dengankomputer jenis laptop atau komputer lain yang sejenis, hanya memiliki 1 tombol power. Hal inidisebabkan CPU laptop menyatu dengan keyboard dan monitor.Proses mengaktifkan komputer biasanya adalah sebagai berikut:a. Pastikan semua kabel power terhubung ke terminal listrik.b. Tekan tombol power pada Monitor.c. Tekan tombol power pada CPU.d. Tunggu hingga terlihat desktop atau tampilan awal program.Dikarenakan sistem operasi yang kita gunakan adalah Linux Ubuntu, maka ketika komputer diaktifkan biasanya akan terlihat desktop dengan ikon-ikon di dalamnya dan pada bagian ataslayar akan terlihat taskbar dengan tombol Application di atasnya.

Mengenal proses booting
Ketika komputer pertama kali diaktifkan, aliran listrik akan mengalir ke bagian chip yang adatermasuk ke rangkaian elektronik lainnya yang saling berhubungan satu sama lain. Sebagianbesar komponen bersikap menunggu hingga mendapatkan perintah untuk bekerja. Tetapi adasatu chip yaitu ROM BIOS (singkatan dari Read Only Memory, Basic Input Output System) ataubiasa juga disebut sebagai BIOS yang bekerja mengambil alih kendali pada saat pertama kalikomputer mendapat aliran listrik. BIOS ini berisi perintah-perintah yang digunakan untukmengaktifkan komputer sehingga CPU siap bekerja.Boot merupakan peristiwa yang terjadi untuk memulai operasi dasar sebuah komputer. Bootsendiri terdiri dari 3 tahap yaitu:a.Mempersiapkan sistem agar siap digunakan.b.Diagnosa terhadap kelengkapan perangkat berikut pengecekan kondisi perangkat tersebut.c.Mengaktifkan sistem operasi sebagai pengontrol kegiatan-kegiatan pengolahan data.Berdasarkan keadaan yang terjadi akibat dari terjadinya proses booting, terdapatberbagai jenis boot yang dapat dilakukan, yaitu:
a. Cold boot
Proses booting yang terjadi ketika komputer diaktifkan dari keadaan mati. Dengan kata lain Coldboot ini sama dengan proses mengaktifkan komputer dari awal.
b. Warm boot
Merupakan proses pengaktifan kembali komputer yang sedang dalam keadaan aktif untuk tujuantertentu. Proses boot ini terjadi ketika komputer diberikan arus listrik kembali, dimana arus listrikdimatikan untuk sementara waktu dengan tujuan mengulang kembali proses komputer dari awal.Warm boot ini biasanya terjadi karena program yang rusak atau dilakukan pengaturan ulangsistem.
c. Soft boot
Merupakan proses booting yang dikendalikan melalui sistem. Hampir sama seperti warm boot,hanya saja yang melakukan booting adalah komputer secara otomatis.
d. Hard boot
Merupakan proses booting yang terjadi dengan cara dipaksa. Biasanya terjadi karena komputer diam dalam jangka waktu yang lama (hang).
e. Reboot
Merupakan peristiwa mengulang kembali sistem dari awal. Reboot ini terjadi dikarenakanbeberapa hal, di antaranya adalah dikarenakan sistem yang tidak bereaksi dan terjadinyaperubahan setting dari sistem operasi yang digunakan.
A. Praktikum Cold Booting
Sebelum melakukan proses cold boot ini, pastikan terlebih dahulu komputer tidak dalam keadaan aktif.1.Tekan tombol power pada Monitor.2.Tekan tombol power pada CPU.3.Tunggu hingga terlihat desktop.
B. Praktikum Warm Booting
Booting jenis ini dilakukan ketika komputer dalam keadaan aktif.1.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkan layar yangberisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.2.Klik pilihan Restart.3.Tunggu hingga komputer mati sesaat dan kemudian aktif kembali.

Mematikan komputer sesuai prosedur 

Seperti cerita diawal bab ini, Fahas mematikan komputer tidak sesuai denganprosedur yang benar. Tentu saja hal tersebut membawa dampak yang tidak baik terhadap kinerjakomputer. Biasanya, cara yang digunakan untuk mematikan computer adalah dengan mengkliktombol Power Down yang ada pada taskbar dan dilanjutkan dengan mengklik pilihan Shut Down.Untuk lebih jelas perhatikanlah langkah-langkah mematikan komputer berikut ini.a.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkan layar yangberisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.b.Klik pilihan Shut down.c.Tunggu hingga komputer sepenuhnya mati.d.Matikan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.e.Lepaskan kabel dari terminal listrik.
Mengenal cara menonaktifkan komputer 
Linux Ubuntu menyediakan 7 macam fasilitas untuk menonaktifkan komputer, baik itu benar-benar mati ataupun hanya bersifat sementara. Semua fasilitas tersebut dapat diaktifkan denganmengklik tombol Power Down yang terletak pada taskbar.
a. Shut Down
Proses Shut Down adalah fasilitas yang digunakan untuk mematikan computer sehingga semuaproses dan kinerja komputer benar-benar dihentikan dan dalam keadaan mati. Prosesnya adalahseperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu dengan cara mengklik tombol Power Down dandilanjutkan dengan mengklik pilihan tombol Shut Down.
b. Restart
Proses restart atau biasa pula disebut sebagai warm boot adalah prosesmengaktifkan ulang sistem komputer yang sedang berjalan. Hal ini dilakukan denganberbagai maksud, di antaranya adalah untuk merefresh atau memperbaharuisetting sistem komputer. Adapun caranya adalah sebagai berikut:a. Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas desktop. Sehinggaditampilkan layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.b. Klik pilihan Restart.c. Tunggu hingga komputer mati sesaat dan kemudian aktif kembali.
c. Hibernate
Seperti halnya seekor beruang yang berhibernasi, jangan salah, computer juga dapat tidur panjang atau berhibernasi. Jika beruang dapat tidur selama musim dingin, maka komputer hanyadapat tidur selama terkoneksi dengan arus listrik dan tidak diinterupsi oleh user. Ketika komputer dinyalakan kembali maka semua program yang ada akan dikembalikan ke kondisi awal. Dengankata lain hibernate memiliki fungsi yang sama dengan fasilitas restore. Fasilitas hibernate inidapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut:a.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkanb.layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.c.Klik pilihan Hibernated.Tunggu hingga komputer tidak aktif.
d. Suspend
Hampir sama dengan hibernate, dengan suspend komputer akan tidur sementara. Dan kemudian dapat diaktifkan kembali dengan menekan tombolpada keyboard, menekan tombol power, atau membuka layar laptop. Jika denganhibernate semua program akan dikembalikan ke kondisi awal, maka berbedahalnya dengan suspend, semua program komputer akan tetap ditampilkan dengansetting terakhir yang digunakan. Komputer dapat disuspend dengan cara sebagaiberikut:a. Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkanb.layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.c. Klik pilihan Suspend.d. Tunggu hingga komputer tidak aktif.
e. Log Out
Berbeda dengan fasilitas sebelumnya yang digunakan untuk menonaktifkan semua programtermasuk sistem operasi, Log Out digunakan hanya untuk menonaktifkan sementara program-program aplikasi. Sedangkan sistem operasi yang digunakan oleh komputer tersebut masih tetapdalam keadaan aktif. Ketika komputer dilog out, maka komputer akan keluar dari user yangsedang aktif. Untuk melog out komputer lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkan layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.b. Klik pilihan Log Out.c. Tunggu hingga ditampilkan layar pergantian user.
F.Switch User 
Dengan fasilitas Switch User ini, komputer mengizinkan untuk penggunaan lebih dari 1 user.Berbeda dengan Log Out yang menonaktifkan user berikut program-program aplikasi yangdigunakan, maka Switch User hanya berpindah user, sedangkan user sebelumnya termasukprogram-program aplikasi yang sedang dijalankan masih tetap aktif. Untuk berpindah user lakukanlah langkahlangkah sebagai berikut:
a.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkan layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer.b. Klik pilihan Switch User.c. Tunggu hingga ditampilkan layar pergantian user.d. Ketikkan nama user yang lain.e. Ketikkan password user yang lain tersebutf. Tekan tombol Enter, dan tunggu hingga ditampilkan layar desktop.
g. Lock Screen
Fasilitas ini digunakan untuk menghemat energi, dengan cara menampilkan screen saver untukmenutupi layar desktop yang sedang aktif. Dengan demikian komputer tidak menonaktifkanapapun, hanya menghemat komsumsi energy dan melindungi desktop dengan screen saver. Danketika screen saver tersebut dinonaktifkan dengan menekan tombol keyboard maka akanditampilkan kotak dialog untuk memasukkan password. Sehingga orang lain yang tidakmengetahui password user yang sedang aktif tidak dapat menonaktifkan screen saver. LockScreen dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.Klik tombol Power Down yang terletak di sudut kanan atas. Sehingga ditampilkan layar yang berisi pilihan-pilihan non aktifasi komputer. 
b.Klik pilihan Lock Screen.c.Tunggu hingga ditampilkan screen saver.

sumber:http://www.scribd.com/doc/71549361/50/Pengertian-sistem-operasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar